Induksi Elektromagnetik



          Telpon merupakan alat komunikasi jarak jauh yang hampir setiaporang pernah melakukan komunikasi dengan telpon.Dengan telpon kita bisa menerima dan mengirim pesan berupa suara dan gambar dengan menggunakan telpon walaupun jaraknya jauh.
          Pada jaman sekarang ini telpon sudah sangat canggih bisa di bawa kemana-mana dan di hubungkan dengan jaringan melalui gelombang radio. Prinsip kerja telpon adlah dengan mneggunakan prinsip induksi elektromagnetik.Apakah induksi elektro magnetik itu ?
          induksi elektronagbetik adalh gejala terjadinya arus listrik dalam suatu penghantar akibat adanya perubahan medan magnet di sekitar kawat penghantar. Arus ini di sebut imbas atau induksi.

    1. Gaya Gerak Listri (GGL )
          Menurut oersted dalam penelitiannya, sifat magnet dapat di timbulkan oleh arus listrik. Sedang menurut Faraday dalam percobaannya, arus listrik ternyata dapat di timbulkan dengan adanya magnet.
          Terbukti dalam  percobaanya faraday di katakan " Bahwa pajang ujung-ujung kumparan timbul gaya gerak listrik ( GGL ) dan arus yang di timbulkan di sebut arus listrik". Hukum lents menyatakan " Bahwa arah arus induksi dalam arus pengantar itu sedemikian rupa, sehingga mengasilkan medan magnet baru yang melawan perubahan garis-garis gaya magnet semula yang menmbulkannya".
     2. Menetukan Gaya GGL induksi
          Besar GGL induksi pada sesuatu yang panjang dan bergerak dalam medan magnet B dengan Ke cepatan V dapa di rumuskan :

E = -B.L.V
Ket:
E = GGl induksi ( Volt )
B = Induksi magnetik ( Telsa)
L = Panjang penghantar ( m)
V = kecepatan gerak penghantar ( m/s )



Artikel Terkait:



Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright © 2012 | All Right Reserved Revolusi Ilmui™